E- Commerce dan E-Business
E-Commerce
dan E-Business memiliki beberapa pengertian.
Setiap orang memiliki persepsi
yang berbeda dalam mengartikan e-commerce dan e-business. Dibawah ini kami akan
menjelaskan definisi e-commerce dan e-business :
- Definisi dan konsep eCommerce
Secara
sederhana E-Commerce (EC) adalah pembelian dan penjualan barang atau jasa
melalui internet dan jaringan computer lainnya atau disebut juga dengan sistem
elektronik.
Secara
umum E-Commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi
perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan
menggunakan media elektronik seperti internet.
Dari
definisi e-commerce diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa E-Commerce
adalah merupakan kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers),
manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries)
dengan menggunakan jaringan-jaringan computer (computer networks) yaitu
internet.
E-Commerce
digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan yang satu dengan
perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan pelanggan (customer), atau
antara perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam pelayanan-pelayanan
public dalam rangka memangkas biaya operasional untuk meningkatkan mutu layanan
maupun kecepatan penyampaian informasi
e-commerce
dikembangkan dalam skala yang lebih luas dan terintegrasi dengan multiple
computing system; semua lini dan departemen di perusahaan anda, organisasi dan
system computer global. Karena sifatnya integrasi langsung dengan dua atau
lebih entity, maka pengembangan e-commerce harus benar-benar memperhatikan segi
keamanan. Terutama keamanan dalam bertransaksi.
- Definisi dan konsep eBusiness
E-Business merupakan suatu implementasi pertukaran barang dan jasa melalui media elektronis.
E-Business
dapat pula kita artikan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis
dan semiotomatis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik.
E-Business memberikan kemungkinan kepada suatu perusahaan untuk berhubungan
dengan system pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan
fleksibel.
Dari
berbagai definisi diatas dapat disimpulkan bahwa E-Commerce is a part of
e-business. Maksudnya adalah bahwa seluruh kegiatan yang terdapat dalam
perdagangan tersebut merupakann bagian dari kegiatan bisnis.
Dengan
E-Business, suatu perusahaan dapat menurunkan total biaya pengeluaran
operasional tetap. Lebih jauh, banyak potensi sumber pendapatan baru ditawarkan
oleh konsep e-Business. Hal lain yang membuat e-Business menjadi primadona
dalam kerangka bisnis modern adalah adanya berbagai data statistik yang menunjukkan
kian tingginya nilai bisnis yang terjadi di dunia maya, yang perlahan-lahan
tumbuh menyaingi apa yang terjadi dalam dunia nyata.
- Model eCommerce
Ada 4 macam model-model pokok yang berkembang
dalam E-Commerce, yaitu :
- Business-to-Business (B2B)
Business-to-Business
merupakan model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada
perusahaan-perusahaan lain.
Model
Business-to-Business ini menawarkan penjualan atau pembelian dalam bentuk maya
tetapi oleh satu perusahaan pada perusahaan lain saja. Model B2B ini tidak
terbuka untuk banyak perusahaan agar dapat ikut.
2.
Business_to_Consumer (B2C)
Business-to-Consumer
merupakan model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada pasar atau
public.
Contoh
dari Business-to-Consumer yaitu www.amazon.com. Dimana
perusahaan ini menjual buku yang mempunyai koleksi tidak kurang dari 4,5 juta
judul buku.
3.
Consumer-to-Consumer (C2C)
Consumer-to-Consumer
adalah merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perorangan
juga.
Contoh
dari Consumer-to-Consumer yaitu www.ebay.com. Dimana
merupakan suatu perusahaan yang menyelenggarakan lelang melalui internet.
Melalui perusahaan ini, perorangan dapat menjual atau membeli dari perorangan
lain melalui internet.
4.
Consumer-to-Business (C2B)
Consumer-to-Business
merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perusahaan.
Contoh
dari Consumer-to-Business yaitu www.priceline.com. Dimana dalam
model ini konsumen menawarkan harga tertentu. Dimana ia menginginkan membeli
berbagai barang dan jasa, termasuk tiket pesawat terbang dan hotel.
model e-business.
1.
B2C (Business to Consumers): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara
individu dan organisasi.
2.
B2B (Business to Business): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara
organisasi dengan organisasi (antar organisasi)
Perbedaan e-commerce dan e-business
Perbedaan
yang mendasar antara e-commerce dan e-business adalah bahwa tujuan e-commerce
memang benar-benar money oriented (berorientasi pada perolehan uang), sedangkan
e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak
seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi
antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya.
Selain
perbedaan seperti yang telah disebutkan e-commerce dan e-business juga memiliki
kesamaan tujuan utama yaitu memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih
besar dari sebelumnya. E-commerce dan e-business merupakan terobosan yang dapat
mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana mempromosikan
produk melalui media Internet.
sumber:
http://ewawan.com/pengertian-e-business-atau-definisi-e-business.html
http://teknologi.kompasiana.com/internet/2011/03/23/e-commerce-dan-e-business/
No related posts.catatan Peng TI ID Manajemen UNSWAGATI, internet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar